AARS Mengikuti TalkShow Kawanua Digifest Basuara 22

0 198

CAKRAWALASULUT – Pagi ini (06/07/2022) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Andrei Angouw dan dr. Richard Sualang mengikuti
TalkShow Kawanua Digifest Basuara 2022, Peran Digitalisasi Dalam Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Daerah di ruang Serbaguna Kantor Wali Kota.

Sebagai Host dalam acara ini Hanna Imbar dengan narasumber adalah Wali Kota Manado Andrei Angouw, Kepala Kantor Perwakilan BI di Sulut Arbonas Hutabarat, Kepala Defisi Publik dan Kebijakan Media tokopedia Emmyrizan dan Public Figur sekaligus InfluencerJoanna Alexandra Kairupan.

Wali kota ketika ditanya soal program digitalisasi yang sedang dilaksanakan dalam program di Kota Manado, menyampaikan secara umum tentang proses-proses digitalisasi dalam menjalankan program dan kegiatan di Kota Manado. “Ini dimaksudkan agar program-program dan kegiatan dapat dijalankan dengan lebih efisien,” kata Wali Kota. “Kalau kita tidak melaksanakan digitalisasi, maka kita akan ketinggalan,” tambah wali kota.

Wali kota memberikan berbagai contoh yang sedang dan sudah dilakukan pemerintah kota Manado seperti; aplikasi pembayaran pajak, aplikasi antrian online CAPIL, aplikasi Perijinan, dan berbagai program lainnya.

Soal tantangan wali kota menekankan pada SDM sebab akan merobah paradigma. Jadi menurut wali kota tantangan ada pada manusianya atau ada pada pelaksana, ASN sebab harus menyiapkan kreatifitas dan berketerampilan untuk melaksanakan kerja-kerja lewat sistem digitalisasi.

Ketika ditanya kesiapan infrastruktur dalam pelaksanaan program digitalisasi dikota Manado, wali kota mengatakan bahwa Manado sangat siap dan sedang mempersiapkannya untuk melaksanakannya secara profesional demi pelayanan kepada masyarakat.

Soal percepatan sistem pembayaran, wali kota menyampaikan bahwa kota manado bekerja sama dengan berbagai lembaga seperti perbankan, juga tokopedia, indomaret dan alfamart dan lembaga lainnya dalam mengefektifkan proses pembayaran dari setiap program dan kegiatan pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan.

Kegiatan ini juga dilaksanakan secara zoom untuk keikutsertaan masyarakat dalam kegiatan ini. Wali Kota bahkan berdialog dengan warga dan menjawab beberapa pertanyaan masyarakat yang mengikutinya secara zoom.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Wali Kota dr. Richard Sualang, Sekretaris Pemerintah Kota Dr. Micler C.S. Lakat S.H.,M.H, para asisten, kepala SKPD, unsur terkait lainnya.

Acara terakhir dari keikutsertaan Wali Kota adalah pemberian Plakat dari BI kepada Wali Kota Manado dalam bentuk uang kertas 20 ribu bergambar Sam Ratulangi yang tidak dipotong.

Leave A Reply

Your email address will not be published.