Wali Kota Manado Rapat Teknis Dengan Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXII Provinsi Sulut

0 191

CAKRAWALASULUT – Diruang Rapat Wali Kota, Hari ini (11/07/2022) Wali Kota Manado Andrei Angouw melakukan pertemuan teknis dengan Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXII Provinsi Sulut.

Materi inti yang dibicarakan adalah ; Dukungan Transportasi Darat Dalam Rangka Percepatan Pembangunan KSPN Super Perioritas Manado-Bitung-Likupang di Wilayah Kota Manado 2022-2024.

Antara lain membahas soal Transportasi Darat di Kota Manado. Secara garis besar Kepala Balai memaparkan soal; pengembangan angkutan umum pariwisata berjadwal kebeberapa destinasi wisata, revitalisasi terminal A Malalayang + fasilitas intehmgrasi Park and Ride dan Sky Bridge ke Pantai Malalayan, soal pemasangan beberapa Traffic Light di Kota Manado.

Hal lain yang dibicarakan adalah Program Konektivitas dan Aksebilitas Transportasi SDP yakni;
1. Pembangunan Dermaga Penyeberangan Pulau Siladen.
2. Peningkatan Dermaga Penyeberangan Bunaken.
3. Peningkatan Dermaga Penyeberangan Megamas.
4. Peningkatan Pelabuhan Penyeberangan Pulau Manado Tua.
5. SBNP di Alur Pelayaran KSPN Manado-Bunaken.
6. Bus/Truck Air di Wilayah KSPN Manado.

Dalam kaitan ini ikut dibahas soal kewenangan pengelolaan, kajian teknis dan pembiayaan yang diusulkan ke kemenhub, penggunaan anggaran di APBD, penyediaan lahan dan Hibah oleh Pemkot Manado, konektivitas antar pulau dan lain-lain. Ikut diuraikan juga jaringan transportasi Darat KSPN di Wilayah Kota Manado.

Wali Kota merespon positif apa yang sudah dipaparkan dan sangat berharap soal angkutan umum di Kota Manado dapat menjawab berbagai persoalan yang ada. Wali Kota juga meminta soal konektivitasnya baik untuk wilayah kepulauan yang ada di Kota Manado dalam kaitan dengan Pengembangan Pariwisata.

“Saya sangat mendukung apa yang akan dilakukan oleh Balai Pengelolah Transportasi Darat ini. Dan sangat berharap agar masalah angkutan umum di Kota Manado dapat terselesaikan,” kunci Wali Kota.

Hadir dalam pertemuan ini Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXII Provinsi Sulut Mangasi Sinaga dan pejabat teknis lainnya, Kadis Perhubungan Kota Manado Michael Tandirerung, Sekretaris Dinas Jeffry Worang dan Kabid Donald Wilar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.