Kerja Nyata Bupati Minsel kembali Tuai Prestasi , FDW terima Penghargaan UHC 2024

0 538

 

Kembali torehkan Prestasi, Bupati Minsel Franky Wongkar terima Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) 2024

MINSEL, CS – Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan dibawah Kepemimpinan Bupati Franky Donny Wongkar, SH., kembali Menuai Prestasi di Tingkat Nasional, Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH Pada Kamis, 8 Agustus 2024 Menerima Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) 2024 bertempat di Krakatau Grand Ballroom, TMII, Jakarta.

Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH dinyatakan sebagai salah satu Kepala Daerah di Indonesia yang sangat peduli dengan kesehatan Masyarakat.   Penghargaan ini menandakan Capaian yang menunjukkan terlaksananya Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2023 tentang Peta Jalan Jaminan Sosial 2023-2024, di mana target kepesertaan JKN pada tahun 2024 sebanyak 98 persen.  Berdasarkan data BPJS Per 1 Agustus 2024 jumlah peserta JKN telah mencapai 276.520.647 jiwa, atau setara dengan 98,19 persen dari total penduduk Indonesia, Per 1 Agustus 2024 BPJS Kesehatan telah bekerja sama dengan 23.205 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan 3.129 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) se-Indonesia.

Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin dalam sambutannya mengatakan, UHC Award merupakan sebuah apresiasi kepada Pemerintah Daerah, Penghargaan tersebut diberikan atas dasar dedikasi dan komitmen tinggi kepala daerah yang telah mewujudkan UHC dengan cakupan perlindungan kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) minimal 95 persen dari total penduduk. Dan juga mengimbau kepada seluruh pemerintah daerah untuk terus mendukung program JKN-KIS dengan cara menghadirkan layanan kesehatan yang terjangkau, berkualitas dan merata bagi seluruh rakyat Indonesia. juga berharap lewat pemberian penghargaan ini, dapat menjadi motivasi bagi Daerah di Indonesia supaya semakin meningkatkan jumlah peserta dan jaminan kesehatan di daerahnya masing-masing. Dan memberikan apresiasi terhadap UHC Award , Tentunya target yang telah kita tetapkan tidak akan terwujud tanpa adanya kerjasama dan kolaborasi dari daerah-daerah yang ada di Indonesia. Kedepan program jaminan kesehatan ini harus semakin ditingkatkan dan pelayanan kesehatan dimasyarakat harus lebih baik. Bersama kita gotong royong untuk mewujudkan kesehatan masyarakat yang lebih terjamin.

Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wongkar, SH., dalam kesempatannya menyampaikan Ucapan Terimakasih Kepada Perangkat Daerah yang telah berupaya bekerja keras dalam meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan, juga para stakeholder yang telah berperan aktif, bersinergi dan berkolaborasi untuk menjamin kesehatan masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan.

Lebih lanjut Bupati FDW menambahkan bahwa Penghargaan UHC Awards tahun 2024 ini menjadi bukti nyata dari komitmen Pemerintah kabupaten Minahasa Selatan dalam memberikan layanan kesehatan terbaik kepada Masyarakat Dan berharap penghargaan yang diraih tersebut bisa menguatkan tekad dan semangat bersama untuk memastikan setiap masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan memiliki kesempatan yang sama untuk hidup sehat dan terjamin kesehatannya.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy, para Gubernur, Bupati dan Wali Kota, Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan bersama Jajaran, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Gufron Mukti beserta Jajaran, President The International Social Security Association (ISSA) Prof. Dato’ Sri Dr. Mohammed Azman.

 

Bupati Minahasa Selatan didampingi oleh Plt. Kepala Dinas Kominfo Minsel

( Vandytrisno/Kominfo )

Leave A Reply

Your email address will not be published.